Helo World

Helo World

10 Tip Desain & Kenyamanan Blog

1. Logo & Judul

Pastikan blog mempunyai sebuah logo atau judul blog sebagai persyaratan branding. Selain penting sebagai identitas, elemen ini juga merupakan elemen penting navigasi. Pengguna internet pada umumnya sudah terbiasa dengan logo/judul blog yang mengarah kembali ke halaman depan.

2. Navigasi

Untuk memudahkan mencari konten tertentu, navigasi merupakan sasaran utama para penjelajah. Karena di sini keseluruhan situs dipisah menurut kategori-kategori tertentu agar mudah untuk ditelusuri. Penempatan navigasi pada umumnya terletak di bagian atas atau samping, dan mudah terlihat dengan sederetan pilihan. Berhubung blog pada umumnya berfungsi sebagai penerbitan jurnal, maka selain kategori, juga bisa menggunakan tag atau arsip sebagai alat navigasi.

3. Search Bar

Fitur yang satu ini sudah termasuk prasyarat utama, terutama situs berskala besar dengan ribuan atau jutaan halaman. Penempatan search bar atau kontak pencari pada umumnya sejajar dengan navigasi dan logo.

4. Konsistensi

Penampilan situs antar halaman harusnya memiliki persamaan sehingga gampang diikuti. Hal ini juga mempermudah pengguna untuk mendeteksi konten utama dan menelusuri halaman-halaman lain. Yang di maksud penampilan bisa meliputi warna dan penempatan elemen-elemen penting.

5. Warna & Kontras

Banyak yang memandang warna dari sisi seni, yang akhirnya salah hasilnya. Yang tadinya mau terlihat indah, malah jadi amburadul karena pilihan warna yang tidak sesuai atau bahkan menjadikan teks susah di baca. Bila bingung dengan pemilihan warna, pakai saja pilihan kontras hitam dan putih, atau bahkan abu-abu sebagai variasi. Kontras juga menentukan bobot elemen yang lebih penting dan menarik perhatian pembaca.

6. Teks & Paragraf

Kesalahan yang paling sering dijumpai adalah penggunaan teks yang terlalu kecil dan tinggi baris (line height) yang sempit, sehingga setiap paragraf terkesan penuh sesak. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah perbandingan ukuran teks paragraf dengan judul (heading). Tambahan lain adalah penggunaan bentuk huruf yang berbeda, antara teks dan judul, untuk lebih bervariasi.

7. Link

Kesalahan paling sering adalah menghilangkan garis bawah pada tiap link, tanpa menambah perubahan lain agar gampang dibedakan. Pengguna sudah terbiasa dari awal penggunaan internet, bahwa link selalu digaris-bawahi. Oleh karena itu, bila ingin mengubah variasi link, pastikan masih bisa dibedakan dengan teks normal.

8. White Space

Penggunaan white space, atau ruang kosong, berguna untuk membantu pembaca fokus ke sajian utama, juga memisahkan elemen, entah karena alasan prioritas atau memang seharusnya terpisah. Penggunaan ruang kosong yang tepat juga membantu pembaca untuk menikmati halaman dengan lega.

9. Penggunaan Widget

Sudah cek widget mana yang benar-benar berguna? Banyak blogger menggunakan banyak widgetyang akhirnya malah membuat halaman penuh sesak. Ada baiknya bila kita mencoba satu per satu, widget mana yang tidak bermanfaat dan menghilangkannya.

10. Loading Time

Hosting boleh yang murah meriah asal tidak lambat untuk melayani pengunjung. Sebagian besar pengunjung tidak tahan menunggu penyajian halaman yang lambat, bahkan cenderung untuk menutup langsung halaman tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

please, don't spam...

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author